Bahasa PBO ditulis menggunakan objek yang spesifik pada masalah yang diselesaikan. Misalnya game mobil, didefinisikan memiliki objek roda, body, setir, gear dll. Hal ini merupakan keuntungan yang sangat besar, dalam menentukan macam proses yang dibuat dan dikembangkan kemudian hari. Misalnya suatu saat mobil itu akan dikembangkan, ingin menghias bodynya, kita tidak perlu membuat mobil dari awal, cukup bodynya saja yang di poles, tanpa ngutak-atik roda dan part yang lain.
Pilar PBO:
1. Abstraction (real world --> model, filtering)
Contoh: class pada sebuah mobil (nopol, merek, tahun, kerangka, mesin)
2. Encapsulation (Information, Hidding)
Contoh: Nasabah pada sebuah bank mempunyai data private (no.rek, nama, alamat) dan data public (tarik,transfer, setor)
3. Inheritance (Penurunan, Induk, Anak)
4. Polymorph (Class-class turunan, Perilaku yang berbeda)
Polymorph adalah bentuk khusus dari Inheritance
Class is a Blue Print from Object.
Object inheritance of class.
Isi class:
1. Nama Class (identity, kata benda/system/method/concept)
2. Atribute (data, informasi, konstanta)
3. Operation (Method, function)
contoh class:
Bank Account |
No. rek : String Nama : String Saldo : Int |
Setor Tunai() : void Tarik Tunai() : void Transfer() : void Lihat Saldo() : void |
No comments:
Post a Comment