Tuesday, August 31, 2010

Resume PBO 2010.08.31

Awal saya membuat jenis posting ini karena adanya tugas yang diberikan, yaitu menjabarkan dan menjelaskan serta merangkum bahwa apakah Pemrograman Berorientasi Objek atau yang biasa kita kenla dengan istilah PBO itu.

Bahasa PBO ditulis menggunakan objek yang spesifik pada masalah yang diselesaikan. Misalnya game mobil, didefinisikan memiliki objek roda, body, setir, gear dll. Hal ini merupakan keuntungan yang sangat besar, dalam menentukan macam proses yang dibuat dan dikembangkan kemudian hari. Misalnya suatu saat mobil itu akan dikembangkan, ingin menghias bodynya, kita tidak perlu membuat mobil dari awal, cukup bodynya saja yang di poles, tanpa ngutak-atik roda dan part yang lain.

Pilar PBO:

1. Abstraction (real world --> model, filtering)

Contoh: class pada sebuah mobil (nopol, merek, tahun, kerangka, mesin)

2. Encapsulation (Information, Hidding)

Contoh: Nasabah pada sebuah bank mempunyai data private (no.rek, nama, alamat) dan data public (tarik,transfer, setor)

3. Inheritance (Penurunan, Induk, Anak)

4. Polymorph (Class-class turunan, Perilaku yang berbeda)

Polymorph adalah bentuk khusus dari Inheritance

Lalu, apa bedanya Objek dan class?
Class is a Blue Print from Object.
Object inheritance of class.

Isi class:
1. Nama Class (identity, kata benda/system/method/concept)
2. Atribute (data, informasi, konstanta)
3. Operation (Meth
od, function)

contoh class:

Bank Account

No. rek : String

Nama : String

Saldo : Int

Setor Tunai() : void

Tarik Tunai() : void

Transfer() : void

Lihat Saldo() : void


No comments:

Post a Comment